Gula Alkohol  Yang Ada Di Permen

Siapa sangka permen yang digemari masyarakat mengandung gula alkohol di dalamnya. Dari sekian banyak kandungan gula alkohol, yang terdapat dalam permen. Ternyata mengandung gula alkohol yang diambil dari hasil fermentasi. Ada yang berdampak pada pencernaan. Namun ada juga yang aman bagi pencernaan. Nah untuk mengetahui lebih jelas mengenai kandungan gula alkohol yang ada dalam permen. Berikut ini ulasan singkatnya. Antara lain :

1. Sorbitol

Gula alkohol yang terdapat pada sarbitol umumnya digunakan pada produk pasta gigi. Karena memiliki karakteristik seperti mint. Namun pada sebagian produk permen, juga ada yang menggunakan gula alkohol jenis ini seperti produk mint.

2. Maltitol

Gue alkohol jenis ini memiliki rasa manis mendekati gula 80%. Jenis ini didapat dari hasil fermentasi sayur-sayuran dan buah-buahan. Lebih dikenal dengan istilah malt. Yang memiliki efek mengenyangkan jika dikonsumsi. Kandungan kalori dalam gula kue jenis ini yaitu 2 kalori per gram nya. Masih lebih rendah dari gula biasa yakni 4 kalori per gram.

3. Erithtritol

Pada jenis gula alkohol eritritol, dihasilkan dan difermentasi dari pati jagung. Kita biasa menyebutnya dengan gula jagung. Rasanya cukup manis, karena kadar gulanya atau manisnya sekitar 70 persen. Memiliki kalori di dalamnya sekita 0.2 gram. Ini termasuk kategori rendah kalori.

4. Xilitol

Xilitol difermentasi dari sayur dan buah. Untuk kadar manisnya juga cukup rendah. Hanya sekitar 50 hingga 70 persen saja. Gula ini bisa kita olah untuk membuat masakan. Sebab tidak adanya kandungan fruktosa didalamnya. Pastinya sangat aman untuk tubuh kita. Apalagi pada hati manusia, atau liver. Kita bisa terhindar penyakit liver. Pada kandungan gula ini biasanya digunakan untuk makanan. Seperti permen karet.

5. Isomalt

Pastinya gula ini dihasilkan dari fermentasi gandum dan juga pati. Untuk kadar manis gulanya juga cukup rendah. Hanya 55 persen saja. Sehingga bisa dikatakan manisnya sama seperti gula yang biasa dikonsumsi. Namun tetap rendah kalori.

Itulah beberapa uraian dari jenis gula alkohol yang digunakan pada permen. Sebaiknya memang untuk penggunaan gula alkohol apapun jenisnya tidak digunakan berlebihan agar tidak memiliki dampak pada kesehatan.