Mengenal Berbagai Jenis Jeruk yang Digunakan Sebagai Bumbu Masak dan Tips Membelinya

Membahas mengenai jeruk pasti yang ada di pikiran adalah buah manis, segar, asam, kuning, orange yang nikmat untuk dijadikan cuci mulut. Ya, memang benar namun perlu dipahami jika ada banyak jenis jeruk yang bisa ditemukan di Indonesia. Perlu dipahami pula bukan hanya dijadikan sebagai buah, namun jeruk ada yang dijadikan sebagai minuman sampai dengan bumbu dalam masakan. Kali ini akan membahas mengenai jeruk apa saja yang cocok untuk mendukung kelezatan masakan. Bukan saja buah namun juga daun jeruk tertentu sangat diperlukan dalam mengolah makanan.

Manfaat Daun Jeruk Purut

Dari sekian banyak jenis jeruk yang dikenal, jeruk purut menjadi salah satu yang cukup penting apalagi dalam masakan. Umumnya para ibu rumah tangga menggunakan daun jeruk ini sebagai aroma wangi dalam olahan makanan, sehingga memberikan kesan lebih segar dan nikmat. Aroma khas yang dihasilkan dari daun jeruk sendiri berasal dari kandungan atsiri didalamnya. Menambahkan daun jeruk pada pembuatan soto, kare, rempeyek, gulai sampai ataupun jenis lainnya memberikan peningkatan selera makan. Umumnya ketika menumis bumbu atau sesaat sebelum masakan matang, sehingga membuat aroma lebih terasa.

Jenis Jeruk Untuk Masakan

Jangan hanya mengenal jeruk sebagai buah nikmat untuk disantap, karena beragam jenis lainnya juga penting. Seperti sederet jenis jeruk yang biasa digunakan untuk olahan makanan, bagi yang belum mengetahui berikut ini beberapa diantaranya yaitu:

1. Jeruk nipis.

Selain enak digunakan untuk minuman, ternyata jeruk yang satu ini bermanfaat pula untuk bahan masakan. Dari sekian banyak jenis masakan, soto menjadi salah satu yang sangat sering menggunakan. Sering ditambahkan ketika makan soto untuk memberikan sensasi asam segar sehingga lebih nikmat.

2. Jeruk purut.

Jenis jeruk dengan aroma kulit yang tajam ini sangat cocok untuk digunakan sebagai penyedap rasa. Ciri khas pada jeruk ini mempunyai kulit yang tidak rata atau bergelombang, biasa digunakan untuk olahan soto atau bisa pula dalam berbagai jenis olahan sambal.

3. Jeruk sambal.

Sekilas tampilan jeruk yang satu ini sama dengan jenis jeruk purut dimana bagian kulit bergelombang, namun ukurannya lebih kecil. Umumnya jeruk yang satu ini digunakan dalam pembuatan sambal, contohnya seperti pembuatan sambal kacang.

4. Jeruk lemon.

Lemon sangat populer di luar negeri, ini umumnya dipanen ketika kulit sudah matang atau berwarna kuning. Secara aroma tidak sekuat beberapa jenis jeruk sebelumnya, namun tidak jarang pula masyarakat menggunakan jeruk ini sebagai bumbu penyedap berbagai jenis masakan.

Diatas merupakan beberapa jenis jeruk yang bisa Anda gunakan untuk mendukung olahan berbagai makanan lebih nikmat dan sedap. Dipasaran sendiri sudah dijual secara banyak, mudah ditemukan dimana saja dengan harga yang cenderung terjangkau. Namun supaya mendapatkan hasil masakan yang sesuai harapan, pastikan menggunakan campuran dari jeruk yang berkualitas. Artinya baik, tidak busuk atau bahkan sudah tidak layak digunakan. Inilah kenapa penting untuk mengetahui bagaimana cara membeli jeruk yang berkualitas baik.

Bagi ibu modern seperti sekarang ini tentu akan kerepotan ketika diharuskan untuk berbelanja dan memilih produk yang berkualitas. Lebih mudahnya tinggal ambil dan mendapatkan yang terbaik, jika Anda tidak ingin kerepotan seperti itu bisa belanja saja di TaniHub. Hadir sebagai salah satu solusi belanja aman selama pandemi. Menyediakan beragam sayur, buah dan keperluan dapur lainnya secara lengkap. Mengenai kualitas produk tidak perlu khawatir karena sudah dijamin baik dari panenan petani lokal Indonesia. Dengan berbelanja di TaniHub, secara tidak langsung Anda sudah mendukung kemajuan perekonomian para petani di Indonesia.